Sebuah catatan fikiran sekedar untuk mengingatkan

Makloon, Maklon, Rebrand, Contract Manufacturing

Menjalankan usaha memerlukan modal yang tinggi, terutama berupa alat-alat produksi jika proses produksi memerlukan kecepatan dan keakuratan tinggi. Namun, bukan berarti niat mempunyai bisnis sendiri terhambat.

Mungkin pembaca pernah melihat kemasan sebuah produk dengan merek terkemuka yang mempunyai aneka ragam produk dengan jenis yang banyak. Lalu sebegitu besarkah modal yang mereka keluarkan untuk membangun pabrik, merekrut karyawan, menjalankan program marketing dan seterusnya. Tentu tidak semua mereka lakukan sendiri. Karena itu tak jarang kita melihat dalam kemasan produk didapati bahwa produsen dan pemilik merek berbeda satu dengan yang lainnya.

Diproduksi Oleh : PT. ABC
Untuk : PT. PQR (bahkan ada lagi)
Didistribusikan Oleh : PT. XYZ

Inilah yang sering disebut maklon, kerjasama yang dilakukan oleh pemilik merek dan pabrikan/manufacturer dalam memproduksi suatu produk. Si pemilik merek bisa fokus mengelola merek-nya, sedangkan tanggung jawab dalam pemenuhan produk diemban oleh pabrikan.

Bisnis maklon sudah banyak dijalankan dalam industri manufaktur, misalnya dalam penyediaan suku cadang mesin, pabrik sepeda motor tidak serta merta memproduksi setiap suku cadang sendiri. Maklon ke pabrik spesialis suku cadang, tentunya dengan spesifikasi yang telah ditetapkan.

Bukan hanya di industri manufaktur, maklon saat ini mulai banyak bergerak ke industri pangan. Mulai dari pabrikan besar dengan merek terkenal dan modal luar biasa besar, sampai dengan para pelaku usaha kecil menengah IKM. Tak jarang pengusaha yang mempunyai formula bajigur dengan pasar yang belum terlalu besar, tapi ingin tampilan produknya menarik dan sesuai standard pangan. Membeli mesin vertical packaging yang harganya 45juta-an (okt 2011) masih terlalu mahal, akhirnya numpang produksi di IKM yang mempunyai mesin yang dibutuhkan, tetapi tidak terlalu sibuk jadwal produksinya.

Alhasil, si pengusaha yang memiliki formula dan brand terbantu karena proses produksi bisa lebih baik. Sedangkan si pemilik mesin juga mendapatkan keuntungan dari sewa mesin yang tidak digunakan sendiri.

2 responses

  1. Kami tertarik dgn usaha Maklon dan sedang kami cari-cari sebab kami mau memproduksi obat herbal. Boleh kah kami dapat info lebih lanjut? thks Palge Sianturi PT.Promix Herbal Indonesia 0812.4106.7884

    August 1, 2012 at 8:49 am

    • kangajo

      Baik, terima kasih Pak Sianturi atas ketertarikan untuk berpartner. Tim kami akan menghubungi Bapak dalam waktu dekat.

      August 8, 2012 at 2:36 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s