Sebuah catatan fikiran sekedar untuk mengingatkan

Komponen Design Kemasan (2) Merek

Menurut Undang-Undang No. 7 Tahun 1996, salah satu komponen yang harus tercantum dalam label kemasan adalah “Nama Produk” atau lebih dikenal dengan merek. Ya, merek adalah alat identifikasi paling baik untuk membedakan antara produk yang satu dengan yang lainnya. Merek biasanya mencerminkan kualitas produk dan pasar sasaran dimana produk tersebut dijual.

Merek adalah suatu “tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang dan jasa.

Merek dengan logo-nya merupakan identitas yang baik dari sebuah produk. Bahkan banyak merek yang sudah dikenal masyarakat hanya karena melihat logo-nya saja. Siapa yang tidak mengenal dua lengkungan kuning khas McDonald? Siapapun pasti mengenal, walaupun tidak ada kata-kata McDonald dalam logo tersebut.

Karena berfungsi sebagai identitas dan pembeda antara satu produk dengan produk yang lain, maka merek harus dilindungi dan dijamin penggunaannya hanya oleh pihak yang berkepentingan. Oleh karena itu, setiap merek baiknya (wajib, red) didaftarkan ke instansi terkait dalam hal ini Dirjen Kehakiman & HaKI untuk menjamin tidak ada penggunaan atau penyalahgunaan merek oleh pihak lain.

Dalam pendaftaran merek, dikenal beberapa istilah. Antara lain ®, ™ dan ©. Akan kita bahas mengenai ketiga istilah ini di artikel berikutnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s