Sebuah catatan fikiran sekedar untuk mengingatkan

Modifikasi Impulse Sealer Menjadi i-Sealer

Sebagai pengusaha yang sedang bertumbuh, ada kalanya memandang perlu membeli alat-alat untuk menunjang produksi atau mempercepat & memperindah kemasan. Penyegelan sebagai upaya menjamin kualitas produk di dalam kemasan terjaga umur simpannya sangat diperlukan untuk produk-produk tertentu. Untuk sebagian produk, segel dapat dijadikan pembeda produk asli dan produk tiruan.

Segel Pembeda Asli-Palsu

Produk dengan kemasan primer berupa plastik atau alufoil polos biasanya dikemas dengan dus sebagai kemasan sekunder yang kemudian disegel dengan plastik shrink (plastik yang dapat mengkerut jika dipanaskan). Penyegelan seperti ini jamak ditemui pada buku-buku baru yang dipajang di rak toko buku.

Untuk membuat kemasan rapi seperti itu, perlu peralatan yang cukup mahal. Namun bagi pengusaha IKM, bukan halangan dengan kreatifitas. Dengan hanya bermodalkan impulse sealer, kawat nikelin tipis, kain teflon, hair drier atau heat gun dan tentunya plastik shrink, maka kemasan rapi yang mencerminkan kualitas produk di dalamnya bisa didapat.

Pertama siapkan impulse sealer standar, kemudian di atas elemen pemanas pasangkan kawat nikelin tipis. Satukan masing-masing ujung kawat nikelin dengan ujung elemen pemanas. Kemudian lapisi/bungkus karet yang terletak pada bagian atas impulse sealer dengan kain teflon, supaya pada saat impulse sealer digunakan untuk menutup dan memotong ujung plastik shrink, lelehan plastik tidak menempel pada karet yang menyebabkan karet terbakar dan rusak.

Setelah kedua ujung tertutup, tentunya dengan produk di dalamnya, maka saatnya hair drier berperan mengerutkan plastik shrink supaya tepat merapat dengan rapi pada sisi produk.

Tak perlu membeli L-Sealer atau i-Sealer, cukup dengan Rp. 50.000,- untuk modifikasi impulse sealer standar, maka didapat i-Sealer yang per unit harganya bisa mencapai 4 juta rupiah.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s